Senin, 28 Februari 2011

"2 kewajiban seorang Anak"

"2 kewajiban seorang Anak"


Sekarang..... aku sudah dewasa, aku sudah menjadi seorang papa bagi 2 anakku (Veda Bezaleel & Hebert Bezaleel), aku masih ingat saat aku masih kanak², seorang anak memiliki 2 kewajiban pada orang tua:

1. Mengasihi orang tua.

Sebagai seorang anak kita berkewajiban untuk mengasihi orang tua kita yang sudah membesarkan kita (Jawa=gulowenthah). Sebagai anak wajib mengasihi orang tua kita sampai akhir hayat kita. Dalam hukum kasih yang ke-2 dikatakan "Kasihilah Orang tuamu supaya panjang umurmu di bumi ini". Jadi sangatlah jelas bahwa kita wajib mengasihi kedua orang tua kita apapun keadaanya kita, ataupun apapun keadaan orang tua kita. Meskipun kita sudah berumah tangga sekalipun tidak ada alasan bagi kita untuk tidak mengasihi orang tua.


2. Patuh pada Orang Tua

Kewajiban seorang anak yang ke-2 adalah patuh pada orang tua. Anak adalah titipan dari Tuhan kepada orang tua. Siapakah yang meberi corak/warna dalam kehidupan kita, semua tidak lepas dari orang tua kita. Sebagai orang tua,seorang Ayah dan Ibu memiliki tanggung jawab yang sangat besar terhadap anak² yang sudah Tuhan percayakan untuk mereka didik. Kepada siapa mereka (red=orang tua) bertanggung jawab? Tentu kepada Tuhan. Sebagai seorang anak harus sadar akan tanggung jawab orang tua yang begitu besarnya sehingga seorang anak berkewajiban patuh pada orang tua.
Namun ada kewajiban yang hilang diantara 2 kewajiban tersebut diatas ketika seorang anak sudah menjdi "dewasa". Seorang anak yang sudah menjadi dewasa, akan memiliki tanggung jawab sendiri kepada Tuhan tidak lagi mereka bertangung jawab kepada orang tua mereka. Tentunya hal ini harus saling dimengerti baik oleh orang tua maupun anak yang sudah menginjak dewasa.
Hal tersebut diatas membuat sang anak kehilangan 1 diantara 2 kewajiban yaitu "patuh pada orang tua". Seorang anak yang sudah menjadi manusia dewasa tidak lagi harus patuh pada orang tua. Karena mereka memiliki tanggung jawab kepada Tuhan secara langsung. Namun untuk kewajiban yang no. 1 tetap harus dilakukan.

'semoga tulisan ini dapat bermanfaat'


Aku ingin mempersembahkan tulisanku ini pada orang tuaku yang telah membesarkan aku. Kepada Ibuku yang sudah mengandungku selama 9 bulan 10 hari, merawatku dalam perutnya, yang telah memberi air susunya. Buat Bapakku (Alm) yang telah bersusah payah mencari nafkah guna membesarkanku. Bapak.... maafkan aku belum bisa membalas budi baik bapak, bapak sudah pulang ke rumah Bapa di Sorga.
Something buat ibu tercinta: maafkan aku bila sekarang aku tudak patuh lagi, jangan kuatir... aku tetap mengasihimu sepanjang hidupku.... seperti Tuhan sudah mengajarkan "KASIH" kepadaku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar